BADAN PERMUSYAWARATAN DESA

Nama Lembaga: BADAN PERMUSYAWARATAN DESA
Singkatan: BPD
Dasar Hukum / SK Pembentukan: KEPUTUSAN CAMAT TAMANSARI KABUPATEN BOGOR NOMOR: 400.10.2.3/45/KPTS/PEM/VI/2024
Alamat Kantor: JL. Taman No.14 RT.001 RW.004 Tamansari Kab. Bogor 16610
Profil BPD

Profil Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Tamansari Kecamatan Tamansari :

  • Fungsi Utama: BPD adalah lembaga perwakilan rakyat di tingkat desa yang bertugas untuk mengoordinasikan aspirasi masyarakat, mengawasi pelaksanaan kebijakan pemerintah desa, serta berperan dalam pengambilan keputusan strategis di tingkat desa.

  • Struktur Organisasi: BPD terdiri dari anggota yang dipilih melalui pemilihan umum di tingkat desa. Jumlah anggota dan mekanisme pemilihan dapat bervariasi tergantung pada peraturan perundang-undangan di setiap negara atau daerah.

  • Kewenangan: BPD memiliki kewenangan untuk menetapkan peraturan desa (perdes), mengawasi pelaksanaan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa), serta memberikan pendapat dan pertimbangan kepada kepala desa dalam berbagai kebijakan penting.

  • Hubungan dengan Pemerintah Desa: BPD bekerja sama dengan kepala desa dan perangkat desa lainnya untuk mengelola administrasi desa dan menyelenggarakan pelayanan publik yang baik bagi masyarakat.

  • Peran Pembangunan: BPD juga berperan dalam mengembangkan potensi masyarakat desa melalui pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya lokal serta mendukung program-program pembangunan yang berkelanjutan.

  • Transparansi dan Akuntabilitas: Sebagai perwakilan masyarakat, BPD diharapkan menjalankan tugasnya dengan transparan dan akuntabel, serta bertanggung jawab kepada masyarakat desa dalam menjalankan fungsi dan kewenangannya.

  • Peran Sosial dan Budaya: Selain tugas-tugas formal, BPD juga sering kali menjadi wadah untuk memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya serta tradisi lokal yang merupakan bagian penting dari identitas masyarakat desa.

Visi & Misi BPD

Visi

Menjadi lembaga perwakilan yang transparan, akuntabel, dan responsif dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat desa menuju pembangunan yang berkelanjutan dan sejahtera.

Misi

  1. Meningkatkan Partisipasi Masyarakat:

    • Mendorong keterlibatan aktif masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pembangunan desa.
    • Mengadakan forum-forum diskusi dan musyawarah desa secara rutin untuk menjaring aspirasi dan keluhan masyarakat.
  2. Transparansi dan Akuntabilitas:

    • Menyediakan informasi yang jelas dan terbuka mengenai kebijakan dan anggaran desa kepada masyarakat.
    • Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan anggaran dan program desa untuk memastikan penggunaan dana yang efektif dan efisien.
  3. Pengembangan Sumber Daya Manusia:

    • Meningkatkan kapasitas dan kompetensi anggota BPD melalui pelatihan dan pendidikan berkelanjutan.
    • Mendorong inisiatif lokal dalam pengembangan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan masyarakat desa.
  4. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik:

    • Bekerjasama dengan pemerintah desa untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.
    • Memfasilitasi akses masyarakat terhadap layanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.
  5. Penguatan Peran dan Fungsi BPD:

    • Menegaskan peran BPD sebagai mitra strategis pemerintah desa dalam mewujudkan tata kelola desa yang baik.
    • Mengembangkan mekanisme pengawasan yang efektif dan independen terhadap kinerja pemerintah desa.

Dengan visi dan misi tersebut, BPD diharapkan dapat menjadi lembaga yang efektif dalam menjalankan fungsinya sebagai perwakilan masyarakat dan sebagai pengawas jalannya pemerintahan desa.

Tugas Pokok & Fungsi BPD

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Tamansari Kecamatan Tamansari memiliki tugas pokok dan fungsi yang penting dalam menjalankan peran sebagai lembaga perwakilan rakyat di tingkat desa. Berikut ini adalah tugas pokok dan fungsi utama BPD:

Tugas Pokok:

  1. Mewakili dan Mengkoordinasikan Aspirasi Masyarakat:

    • BPD bertugas untuk mewakili dan mengoordinasikan aspirasi serta kepentingan masyarakat desa dalam proses pengambilan keputusan.
  2. Mengawasi Kepala Desa dan Pemerintah Desa:

    • BPD memiliki fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan tugas kepala desa dan pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa.
  3. Menyusun Peraturan Desa (Perdes):

    • BPD berwenang untuk menyusun dan menetapkan Peraturan Desa (Perdes) sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat desa.
  4. Memberikan Pendapat dan Pertimbangan:

    • BPD memberikan pendapat dan pertimbangan kepada kepala desa terkait dengan rencana pembangunan, kebijakan sosial, ekonomi, dan budaya di tingkat desa.

Fungsi Utama:

  1. Legislatif:

    • Sebagai lembaga legislatif di tingkat desa, BPD memiliki fungsi untuk menetapkan Peraturan Desa (Perdes) yang merupakan peraturan lokal di tingkat desa.
  2. Pengawasan (Kontrol Sosial):

    • BPD bertugas melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan pemerintah desa dan memastikan penggunaan anggaran desa (APBDes) sesuai dengan perencanaan dan kebutuhan desa.
  3. Penyelenggaraan Musyawarah:

    • BPD mengorganisir dan menyelenggarakan musyawarah desa sebagai wadah untuk membahas berbagai masalah dan kepentingan masyarakat desa serta merumuskan solusi yang partisipatif.
  4. Perwakilan Masyarakat:

    • BPD merupakan representasi langsung dari masyarakat desa dalam menjalankan fungsi legislasi dan pengawasan, sehingga memiliki tanggung jawab untuk memastikan kepentingan masyarakat terwakili dan dijalankan dengan baik.
  5. Penyelenggaraan Pemerintahan Desa:

    • BPD berperan dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan desa secara efektif dan efisien, termasuk dalam hal pengelolaan administrasi, sumber daya, dan pelayanan publik di tingkat desa.

Pentingnya Peran BPD:

BPD merupakan salah satu elemen kunci dalam sistem demokrasi lokal di Indonesia. Dengan melaksanakan tugas pokok dan fungsi utamanya secara baik, BPD dapat berperan aktif dalam memperkuat partisipasi masyarakat desa dalam proses pengambilan keputusan, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintahan desa, serta mempercepat pembangunan di tingkat desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi lokal yang ada.

Kepengurusan BPD

Nama Jabatan Pendidikan

PAHROJI

UKAR SUKARDI

SUKAYAT

WAHYUDIN

 

 

MULYANA

 

ILYAS SOFYAN

AI SURYANI

IDANG,S.Pd.

OSIH

KETUA

WAKIL KETUA

SEKRETARIS

KETUA BIDANG PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DESA DAN PEMBINAAN KEMASYARAKATAN 

KETUA BIDANG PEMBANGUNAN DESA DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA

ANGGOTA

ANGGOTA

ANGGOTA

ANGGOTA

SMP

SMP

SMA

SMA

 

 

SMA

 

S1

SMA

S1

SMA